Pendidikan dan Latihan PMR Wira Satuan Inti PMI Kabupaten Buleleng ke- 37
Pengabdian Pada Masyarakat
Rabu, 29 Desember 2021 | admin | 35 kali

Pendidikan dan Latihan PMR Wira Satuan Inti PMI Kabupaten Buleleng ke- 37

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Buleleng kembali mengadakan Pendidikan dan Latihan (DIKLAT) PMR Wira Satuan Inti Kabupaten Buleleng Angkatan 37 tahun 2021.DIKLAT dilaksanakan selama 4 hari, mulai dari tanggal 16 hingga 19 Desember 2021 di Yayasan Dana Punia. Kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap setahun sekali,tetapi karenaPandemi Covid-19 yang hampir dua tahun belum dapat terselesaikan, maka tahun lalu tidak diizinkan untuk melakukan aktivitas dengan banyak orang sehingga DIKLAT tahun lalu ditiadakan. Kegiatan ini pun tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19. Sebelum kegiatan dimulai, para peserta dan panitia diwajibkan untuk melakukan swab antigen. Semua peseta dan panitia dinyatakan negatif Covid-19.

Walaupun dimasa Pandemi Covid-19, tidak menyurutkan semangat juang para peserta dan panitia untuk mengikuti DIKLAT ini. Kegiatan ini diawali dengan upacara pembukaan, yang ditandai dengan penancapan kapak oleh pengurus PMI Kabupaten Buleleng, yang diwakili oleh sekretaris PMI Kabupaten Buleleng yaitu Dr. Gede Sandiasa, S.Sos, M.Si

Made Pasek Yasa, S.Sos, Kepala Markas PMI Kabupaten Buleleng menjelaskan bahwa tujuan dari dilaksanakannya pendidikan dan latihan ini.

“Diklat ini bertujuan untuk dapat mengimplementasikan Tri Bakti PMR, mempererat rasa kekeluargaan antar PMR di sekolah masing-masing, menambah ilmu pengetahuan dan meningkatkan kualitas dan kuantitas PMR masing-masing sekolah, khususnya SMA/SMK/MAN yang berada di Kabupaten Buleleng, mengembangkan dan menyebarkan asas dan jiwa  kepalangmerahan di sekolah masing-masing, dapat membantu PMI dalam melatih anggota PMR di masing-masing sekolah serta membantu kegiatan kepalangmerahan” jelas Made Pasek Yasa.

Menurutnya, selama 4 hari masa DIKLAT, peserta mendapat banyak sekali ilmu mengenai 7 materi serta praktek pembuatan tandu darurat dan pasang bongkar tenda. Disebutkan, pemateri adalah Tim Pembina Pendidikan dan Latihan (TP2L)  PMI Kabupaten Buleleng.

Nevia Marlina, selaku Ketua Panitia DIKLAT menjelaskan persiapan yang dilakukan pada kegiatan ini.

“Kegiatan ini adalah pengalaman pertama saya dalam berkegiatan, maka saya selaku ketua panitia memastikan bahwa persiapan yang telah kami siapkan agar berjalan lancar dan meminimalisir terjadinya kendala. Saya selalu berkoordinasi dengan masing-masing panitia agar tidak terjadi miskomunikasi”  ujar Nevia

Disebutkan, panitia juga mengadakan malam api unggun yang sangat hikmat, serta peserta menampilkan pertunjukan yang sangat kreatif.

Selanjutnya pada hari terakhir, setelah mendapatkan materi-materi kepalangmerahan dan materi lainnya, Tim pembina pendidikan dan latihan mengadakan simulasi yang diikuti oleh seluruh peserta. Simulasi ini dibagi menjadi 4 pos materi, yaitu pos Kepalangmerahan, Remaja Sehat Peduli Sesama(RSPS), Pertolongan Pertama (PP), dan Pasang BongkarTenda (PBT).

Turut memberikan materi Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Panji Sakti Dr. Gede Sandiasa, S.Sos, M.Si yang juga anggota TP2L PMI Kabupaten Buleleng, yaitu materi PMI dan Kepemimpinan. Materi lainnya yang diperoleh adalah 

  • Gerakan Palang Merah oleh Mahendra Gautama
  • Pelaku Pertolongan Pertama oleh Drs. I Wayan Widiasa
  • Penilaian Penderita oleh Kadek sumardika, S.Sos
  • Pendarahan dan Syok oleh Ns. Kadek Amertha Puspadana, S.Kep
  • PBB Oleh Sertu I Gede Wiyarta dan Komang Suasana, S.AP
  • Kesehatan Remaja oleh Luh Armini, S.Pd, M.Pd
  • Pemindahan Penderita oleh Ns. Cok Agung Indra Putra Mahardika, S.Kep
  • Tandu Darurat oleh Dwi Bayu Arysico
  • Donor darah Sukarela dari UTD PMi Buleleng
  • Pasang Bongkar Tenda (PBT) oleh Kadek Sutanaya, S.Sos
  • Bantuan Hidup dasar (BHD) oleh I Nyoman Budiadnyana, S.Sos
  • Manajemen PMR oleh Made Pasek Yasa, S.Sos
  • Remaja Sehat Peduli Sesama (RSPS) oleh Kadek Sri Kumarayasa, SE
  • Ayo Siaga Bencana (ASB) oleh Daud Puji Raharjo
  • Work Station oleh  Komang Suasana, S.AP
  • Simulasi oleh Tim

Penutupan kegiatan dilaksanakan hari Minggu, 19 Desember 2021 oleh Sekretaris PMI Kabupaten Buleleng. Dalam sambutannya sekretaris menyampaikan ucapan selamat bergabung kepada anggota PMR Wira Satuan ini yang baru, dengan PMI Kabupaten Buleleng, semoga dengan mendapatkan pendidikan dan latihan ini, dapat memberi manfaat bagi diri sendiri, kemajuan akademik di sekolah, dan juga nantinya dapat bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat. Tidak lupa juga disampaikan agar PMR senantiasa selalu meningkatkan pengetahuan dan ketrampilannya, baik melalui latihan maupun penerapan pengetahuan di masyarakat, sehingga senantiasa dapat memperbaharui dan melatih ilmu pengetahuannya, sehingga dapat juga menopang karir di masa depan, tujuh prinsip gerakan palang merah, hendaknya menjadi landasan dalam bertindak dan melaksanakan aktivitas kesehariannya baik di sekolah maupun di masyarakat. Acara dilanjutkan dengan pelantikan 55 orang peserta DIKLAT PMR Wira Satuan Inti angkatan 37 PMI Kabupaten Buleleng yang ditandai dengan penyiraman air bunga oleh Dra I G Ayu Sudarningsih.

Terakhir, Made Pasek Yasa pula menyampaikan pesan yang sangat amat dalam kepada 55 orang PMR Wira Satuan Inti angkatan 37 PMI Kabupaten Buleleng.

“Marilah kita mengabdi untuk PMI, mengabdi untuk kemanusiaan, jangan berkecil hati dan teruslah belajar” ujarnya. (Panitia Nevia Marlina, 2021)




 Berita Terkait
Nama
Website
Komentar