Perkuliahan
Jurusan Ilmu Administrasi
Rabu, 08 Juni 2016 | Admin | 44779 kali

Perkuliahan

Kegiatan Perkuliahan adalah kegiatan akademik yang diselenggarakan oleh Fakultas dan Jurusan dapat berbentuk kuliah atau ceramah, seminar, diskusi. Jumlah waktu perkuliahan untuk setiap mata kuliah ditentukan berdasarkan beban studi sesuai dengan nilai kredit masing-masing mata kuliah.

Besarnya beban studi mahasiswa dinyatakan dalam nilai kredit semester suatu matakuliah.

a.      Nilai Kredit Semester untuk Perkuliahan

Untuk perkuliahan, nilai suatu kredit semester ditentukan berdasarkan atas beban kegiatan yang meliputi keseluruhan 3 macam kegiatan per minggu sebagai berikut:

1.   Untuk Mahasiswa

    1. 50 menit acara tatap muka terjadwal dengan tenaga dosen misalnya dalam bentuk kuliah.
    2. 60 menit acara kegiatan akademik berstruktur yaitu kegiatan studi yang tidak terjadwal tetapi direncanakan oleh tenaga dosen misalnya dalam bentuk membuat pekerjaan rumah atau menyelesaikan soal-soal.
    3. 60 menit acara kegiatan akademik mandiri, yaitu kegiatan yang harus dilakukan mahasiswa secara mandiri untuk mendalami, mempersiapkan atau tujuan lain suatu tugas akademik, misalnya dalam bentuk membaca buku reference.

 2.   Untuk Tenaga Dosen

    1. 50 menit secara tatap muka terjadwal dengan mahasiswa, 60 menit acara perencanaan dan evaluasi kegiatan akademik berstruktur.
    2. 60 menit pengembangan materi kuliah.

b.   Nilai Kredit Semester untuk Seminar dan Praktik Kerja Lapangan

Untuk penyelenggaraan seminar, dimana mahasiswa diwajibkan memberikan penyajian pada suatu forum, pengertian 1 kredit semester sama seperti penyelenggaraan kuliah yaitu mengandung acara 50 menit tatap muka per minggu. Diharapkan setiap materi kuliah teori disertai praktik maupun praktik kerja lapangan. Panduan Praktik Kerja dan Praktik kuliah disusun dalam bentuk tersendiri.

c.    Beban Studi dalam Semester

Beban studi mahasiswa dalam satu semester ditentukan atas dasar rata-rata waktu kerja sehari dan kemampuan individu. Pada umumnya orang bekerja rata-rata 6 – 8 jam selama sehari berturut-turut. Seorang mahasiswa di lain pihak dituntut bekerja lebih lama sebab tidak saja ia bekerja rata-rata siang hari 6 – 8 jam dan malam hari 2 jam selama 6 hari berturut-turut maka seorang mahasiswa diperkirakan memiliki waktu bekerja sebanyak 8 – 10 jam sehari atau 48 – 60 jam seminggu.

Oleh karena satu nilai kredit semester kira-kira setara dengan 3 jam kerja, maka beban studi mahasiswa untuk tiap semester akan sama dengan 16 – 20 kredit semester atau sekitar 18 kredit semester. Dalam menentukan beban studi satu semester, perlu juga diperhatikan kemampuan individu.

Hal ini dapat dilihat dari hasil studi seorang mahasiswa pada semester yang lalu sering diukur dengan indeks prestasi: besarnya Indeks Prestasi (IP) dapat dihitung sebagai berikut:

IP=Jumlah nilai kredit matakuliah yang diambil x nilai bobot masing-masing matakuliah / Jumlah nilai kredit matakuliah yang diambil

IP= Σ KN / Σ N

keterangan:

K = Jumlah SKS (Satuan Kredit Semester) mata kuliah yang diambil

N = Nilai masing-masing mata kuliah

Beban belajar yang normal lebih dahulu yaitu 18 nilai kredit untuk Program Studi Sarjana. Dengan IP yang dicapai pada semester-semester yang lalu kemudian dapat diperhitungkan beban belajar pada semester berikutnya.




Nama
Website
Komentar