Memantapkan Kualitas Kurikulum
Pengabdian Pada Masyarakat
Kamis, 06 Agustus 2015 | Admin | 403 kali

Memantapkan Kualitas Kurikulum

Workshop yang diselenggarakan oleh Fisip Universitas Udayana Denpasar hari Selasa, 4 Agustus 2015, dengan Pembicara Dr. Hermawan dari FIA Universitas Brawijaya dengan tema "Memantapkan Kualitas Kurikulum dalam Pengelolaan Standar Program Studi" terungkap pemahaman output dan outcome yang dihasilkan pada Program S1 pada level 6, yang mensyaratkan hasil belajar mahasiswa sbb:

  1. Mampu  memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya, dan mampu beradaptasi terhadap situasi  yang dihadapi dalam penyelesaian masalah.
  2. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi.
  4. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

Selanjutnya  menyesuaikan kurikulum KBK ke KKNI (KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA) sesuai (Peraturan Presiden No.8/2012) adalah  Bagi Mahasiswa Lulusan S1 (Lvel 6) Uraian kemampuan Kerja Lulusan adalah sebagai berikut:

  1. Mampu melaksanakan tugas akhir di bidang keahlian/keilmuannya berdasarkan kaidah keilmuan yang hasilnya disusun dalam bentuk skripsi atau karya desain/seni/model beserta deskripsinya berdasarkan metode atau kaidah rancangan baku
  2. Mampu mempublikasikan hasil tugas akhir atau karya desain/seni/model yang dapat diakses oleh masyarakat akademik
  3. Mampu bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja institusi atau organisasi dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan kerja
  4. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis dan evaluasi terhadap pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya
  5. Mampu mengelola pebelajaran sendiri
  6. Mampu mengkomunikasikan informasi dan ide melalui berbagai bentuk media kepada masyarakat sesuai dengan bidang keahliannya
  7. Mampu mengelola (mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, dan mengamankan) data riset untuk keperluan otentikasi, orjinalitas, dan studi pengulangan (reproducibility)
  8. Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat di dalam maupun di luar negeri.

         (sumber: tanah.ub.ac.id/Dokumen%20Evaluasi%20Kurikulum/Penyusunan%20K)




Nama
Website
Komentar