Pelaksanaan UTS Semester Ganjil 2014-2015
Umum
Selasa, 11 November 2014 | Admin | 759 kali

Pelaksanaan UTS Semester Ganjil 2014-2015

Evaluasi keberhasilan proses pendidikan ada dua hal: (a) keberhasilan proses penyelenggaraan acara pendidikan dan (b) keberhasilan usaha belajar mahasiswa.

Evaluasi keberhasilan proses penyelenggaraan acara pendidikan meliputi evaluasi tentang adanya program, cara penyelenggaraan pendidikan, kesesuaian sarana dengan tujuan serta keikutsertaan mahasiswa dalam acara-acara pendidikan.

Evaluasi keberhasilan belajar mahasiswa dilakukan dengan cara mendapatkan informasi mengenai jumlah mahasiswa yang telah mencapai tujuan-tujuan yang dirumuskan dalam kurikulum, melalui penyelenggaraan ujian, pemberian tugas dan yang sejenisnya.

 

1.       Ujian

a.    Maksud dan Tujuan Penyelenggaraan Ujian

Maksud dan tujuan penyelenggaraan ujian adalah:

1).  Untuk menilai apakah mahasiswa telah memahami atau menguasai bahan yang disajikan dalam suatu mata kuliah.

2).  Untuk menilai apakah bahan mata kuliah yang disajikan telah sesuai serta cara penyajian telah cukup baik sehingga para mahasiswa dapat memahami mata kuliah tersebut.

Tujuan pertama terutama ditujukan kepada mahasiswa, sedangkan tujuan kedua terutama ditujukan kepada bahan mata kuliah dan tenaga dosen. Dengan diselenggarakan ujian, mahasiswa ditentukan kemampuannya. Bagi lembaga dan tenaga dosen, berdasarkan hasil ujian yang dicapai mahasiswa dapat dilakukan penilaian terhadap bahan mata kuliah dan cara pengujian bahan tersebut.

b.   Sistem Ujian

Ujian dapat dilaksanakan dalam berbagai macam cara, seperti ujian tertulis, lisan, ujian dalam bentuk seminar, ujian dalam bentuk pemberian tugas, ujian dalam bentuk penulisan karangan dan sebagainya. Ujian dapat pula dilaksanakan dengan berbagai kombinasi, cara-cara tersebut. Cara ujian yang digunakan perlu disesuaikan dengan jenis mata kuliah, tujuan kurikulum dan kondisi tenaga dosen. Oleh karena setiap ujian mengandung ketidakpastian di dalamnya, maka perlu diselenggarakan ujian lebih dari satu kali, agar diperoleh informasi atau data yang mendekati ketepatan.

 

2.       Penilaian

a.   Sistem Penilaian

Dalam sistem penilaian, pasti terdapat mahasiswa yang kemampuannya sangat baik, baik, cukup, kurang dan jelek. Golongan mahasiswa sangat baik, baik, cukup, kurang dan jelek ini dinyatakan dengan nilai huruf, masing-masing A, B, C, D, dan E. Disamping itu digunakan huruf K dan T yang berarti:

K =   Kosong (tidak ada nilai), data nilai kurang lengkap karena mahasiswa yang bersangkutan mengundurkan diri secara sah.

T =    Tidak lengkap, data nilai kurang lengkap karena belum semua tugas diselesaikan pada waktunya atas izin tenaga dosen yang bersangkutan: tugas tersebut harus diselesaikan dalam waktu tertentu (misalnya selambatnya satu bulan), dan apabila tidak maka nilai T itu diubah menjadi nilai K.




 Berita Terkait
Nama
Website
Komentar