Lambang
UNIVERSITAS PANJI SAKTI
Jumat, 15 November 2013 | Admin | 8739 kali

Lambang

Lambang Universitas Panji Sakti merupakan perpaduan antara unsur Korpri (karena yayasan yang membinanya adalah Yayasan Korpri Panji Sakti), unsur kedaerahan (Kabupaten Daerah Tingkat II Buleleng sebagai tempat kelahirannya) dan unsur keilmuan (sebagai identitas lembaga pendidikan tinggi yang memelihara dan mengembangkan ilmu).  Masing-masing unsur lambang itu mempunyai makna sebagai berikut:

a.    Bentuk Segi Lima Sama Sisi, melambangkan dasar falsafah Negara Republik Indonesia; Pancasila, yang juga merupakan dasar Pendidikan Nasional.

b.   Warna dasar biru, melambangkan lautan ilmu sebagai rahasia alam yang harus dipelajari tidak habis-habisnya sebagai luasnya jagat raya.

c.    Keris berdiri tegak, melambangkan cita-cita, hasrat dan semangat lurus dan tak pernah goyah untuk mencari dan mengembangkan ilmu.

d.   Singa Ambara Raja (Bulu sayap = 9 + 8 = 17, bulu mahkota/ekor = 8), merupakan lambang Kota Singaraja, sebagai tempat kelahiran Universitas Panji Sakti, yang mengandung pengertian sebagai kekuatan yang ampuh untuk menjaga kelestarian Universitas Panji Sakti.

e.    Sayap Korpri (sayap bagian dalam = 4, sayap bagian luar = 5) merupakan bagian dari lambang Korps Pegawai Republik Indonesia, yang melambangkan jiwa pengabdian untuk mencapai tujuan Universitas Panji Sakti.

f.    Buku terbuka, mengandung makna bahwa, ilmu yang ada dalam jagat raya harus dipelajari dan dibukukan agar dapat diwariskan dan dikembangkan sepanjang zaman demi kesejahteraan umat manusia.

Lambang ini dilengkapi dengan sebuah motto: “Meniwyaken Widya Prayojana Werdhi” artinya: mengabdikan ilmu untuk kesejahteraan manusia.




Nama
Website
Komentar