Survey Pendahuluan Penyusunan RINDUK Balitbang Kabupaten Buleleng
Pengabdian Pada Masyarakat
Minggu, 23 Agustus 2020 | admin | 76 kali

Survey Pendahuluan Penyusunan RINDUK Balitbang Kabupaten Buleleng

Dalam upaya penyelesaian permasalahan pembangunan dan pengembangan potensi daerah  sangat diperlukan tindakan nyata, yang  berbasis pada kebutuhan riil daerah dan masyarakat. Langkah-langkah penanganan serta pendekatan yang sistematik, terpadu dan menyeluruh sangat dibutuhkan, yang disusun dengan perencanaan yang baik, didahului dengan berbagai kajian maupun penelitian-penelitian ilmiah maupun praktis, sehingga dapat memenuhi tujuan pemerintah daerah dalam rangka peningkatan kesejahteraan dan terpenuhinya hak-hak dasar warga secara layak melalui pembangunan inklusif, berkeadilan, dan berkelanjutan untuk mewujudkan kehidupan yang bermartabat dan pelayanan publik yang berkualitas. Pencapaian kondisi demikian dapat dilaksanakan apabila pemahaman terhadap kondisi daerah dan masyarakat oleh aparatur pemerintah, swasta maupun masyarakat dicapai secara baik. Untuk itu diperlukan lembaga penelitian dan pengembangan (litbang) di daerah untuk dapat melakukan explorasi dan pengkajian berbagai permasalahan dan kebutuhan yang harus ditangani di daerah.

Efektifitas pencapaian tujuan dari keberadaan Balitbang Daerah Kabupaten dalam mewujudkan output kebijakan daerah yang berkualitas, sangat teergantung pada kemampuan balitbang mendukung berbagai kebijakan pemerintah daerah melalui kualitas hasil-hasil balitbang dan inovasi daerah, yang dapat memberi kontribusi yang cukup dalam menghasilkan kebijakan-kebijakan berkualitas. Kebijakan dapat dikatakan berkualitas apabila kebijakan-kebijakan daerah mampu menyelesaikan permasalahan daerah secara efektif dan memberi dampak secara nyata terhadap pemenuhan kesejahteraan masyarakat secara bermartabat dan berkelanjutan.

Pencapaian kualitas hasil balitbang dan inovasi daerah, dapat diupayakan melalui proses penyusunan Rencana Induk Kelitbangan (RINDUK), yang melibatkan seluruh organisasi perangkat daerah, dengan masing-masing program kerja yang akan dilaksanakan pada periode 2017-2022, harus diawali dengan kegiatan kelitbangan yang menyangkut 7 (tujuh) kegiatan sesuai dengan Permendagri 17 tahun 2016, yaitu : Penelitian, Pengkajian, Pengembangan, Perekayasaan, Penerapan, Pengoperasian, dan Evaluasi Kebijakan.

Kegiatan Penyusunan RINDUK diawali dengan Survey Pendahuluan dengan menghadirkan seluruh OPD yang ada, dengan menggali berbagai informasi berkenaan dengan tujuh kegiatan di atas, sebagai narasumber Dr. Gede Sandiasa, S.Sos, M.Si (Tenaga Ahli Ilmu Sosial dan Kebijakan Publik Universitas Panji Sakti). Survey Pendahuluan melalui diskusi yang diselenggarakan tanggal 13 dan 14 Agustus 2020, yang akan dilanjutkan melalui survey berkelanjutan kepada seluruh kegiatan OPD yang berkaitan dengan kelitbangan, untuk dapat menghasilkan rencana kelitbangan yang sesuai dengan kebutuhan pemerintah daerah, dalam upaya peningkatan kulaitas kebijakan dan pelayanan publik di Kabupaten Buleleng. Kegiatan Penyusunan RINDUK selanjutnya akan dilaksanakan periode Juli s/d Nopember 2020, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan (Red).

Link kegiatan https://youtu.be/CgvYZe7_0wE




 Berita Terkait
Nama
Website
Komentar