Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Hukum Administrasi Negara
Pendidikan dan Pengajaran
Selasa, 15 Januari 2019 | Admin | 129 kali

Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Hukum Administrasi Negara

Hukum Administrasi Negara, SPB. 502. Mata kuliah ini mengkaji Hukum Administrasi Negara dan ruang lingkupnya, sebagai suatu fenomena kehidupan bernegara, sehingga menyadarkan bahwa hukum administrasi negara itu penting dalam penyelenggaraan pemerintahan dan diperlukan untuk dipelajari. Tujuan Mata Kuliah ini:

  1. Mahasiswa mampu taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  2. Mahasiswa mampu menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik.
  3. Mahasiswa mampu bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  4. Mahasiswa mampu menguasai konsep teoritis secara umum ilmu politik, sistem hukum dan teori sosial budaya.
  5. Mahasiswa mampu menguasai prinsip-prinsip dan kaidah sistem informasi manajemen, hukum administrasi negara, pengembangan organisasi, manajemen sumber daya manusia, administrasi perlengkapan perkantoran dan etika administrasi publik.
  6. Mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif dalam konteks aplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  7. Mahasiswa mampu mengambil keputusan secara tepat dalam penyelesaian berbagai masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data.
  8. Mahasiswa mampu ikut berkontribusi aktif dalam menciptakan administrator yang bersih, profesional, jujur, transfaran berbasis ilmu dan teknologi.
  9. Mahasiswa mampu melakukan kajian terhadap berbagai regulasi pemerintah, privat dan lembaga swadaya masyarakat guna menghasilkan evaluasi kebijakan, uraian kebijakan, atau kertas kerja kebijakan untuk menghasilkan draf dan rumusan kebijakan

Adapun Kajian dalam Mata Kuliah ini adalah:

  1. Pendahuluan
  2. Asas-asas Pemerintahan
  3. Lembaga-lembaga Penyelenggara Negara
  4. Aparatur Sipil Negara
  5. Instrumen Pemerintahan
  6. Upaya Perlindungan Hukum terhadap Masyarakat




 Berita Terkait
Nama
Website
Komentar