Laporan Ringkas Interaktif Dalam Rangka Wisuda Sarjana ke XXIX 2018
Umum
Kamis, 29 November 2018 | Admin | 27 kali

Laporan Ringkas Interaktif Dalam Rangka Wisuda Sarjana ke XXIX 2018

Dalam kegiatan interaktif di Radio Guntur FM Rabu, 27 Nopember 2018 pukul 07.00-08.00 wita, dipandu oleh Ketut wiradmaja, SH dan Radio Singaraja FM,yang dipandu  oleh Bob Suardika Jumat tanggal 28 Nopember 2018, pukul 09.00-10.00 wita. Dalam perbicangan tersebut Rektor Universitas Panji Sakti Dr. Drs. I Ketut Gunawan, MM; Drs. I Made Madiarsa, MMA (Pembantu Rektor Bidang Akademik); dan Dr. Drs. I Gde Made Metera, MSi sebagai narasumber. Dalam kesempatan ini terungkap berbagai perkembangan yang telah dilalui oleh Universitas Panji Sakti, antara lain: seluruh program Studi yang ada, Program Studi ilmu Agronomi Fakultas pertanian, Program Studi Ilmu Hukum untuk Fakultas Hukum; Program Studi Manajemen untuk Fakultas Ekonomi, Program Studi Ilmu Administrasi Negara/Publik dari FISIP dan Program Studi Bimbingan Konseling dari FKIP, telah terakreditas, dengan demikian standar pendidikan di Universitas Panji Sakti tidak perlu diragukan lagi, baik ditingkat daerah maupun tingkat nasional. Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan telah dilaksanakan dengan menggunakan standar-standar kompetensi dan penilaian sesuai dengan peraturan dan perundang-undangann  yang ada. Sampai saat ini Universitas Panji Sakti, telah meluluskan Sarjana sebayak 3351 orang, dan termasuk lulusan tahun ini sebanyak  144 sarjana dengan rincian; dari Fakultas pertanian 4 orang, ekonomi 100, Hukum 23 orang, Sospol 14 orang dan FKIP 3 orang lulusan.

Sebagai contoh disebabkan UNIPAS telah melaksanakan standar terhadap lulusan dan perbaikan system pendataan mahasiswa, termasuk pelaksanaan ketentuan baru dalam proses pengeluaran ijasah, validitas data mahasiswa harus dijamin dalam pangkatal dikti, sehingga masyarakat dapat mengakses perkembangan jumlah mahasiswa, nilai mahasiswa yang terdapat secara resmi dalam system pendataan mahasiswa, persyaratan ini harus dipenuhi untuk mendapatkaan PIN (penomoran ijasah nasional). Lulusan PT harus dikeluarkan oleh PT yang terdaptar dalam situsresmi  Kemenristekdikti, validitas data melalui PDPT. Meskipun untuk memenuhi validasi data mahasiswa menemui beberapa kendala, antara lain system yang dibangun dalam pangkalan dikti mengalami beberapa kali perubahan, sarana internet yang kurang memadai, kekroditan memasukkan data, secara serempak dari seluruh perguruan tinggi di seluruh Indonesia, keterbatasan Sumberdaya Manusia, sehingga terjadi human eror dalam memasukkan data.  Dengan bagusnya data dipangkalan data ini, tidak akan terjadi pemalsuan ijazah dan nilai dalam transkrip, disamping itu kertas ijazah lulusan UNIPAS telah menggunakan Kertas Standar yang tidak mudah dipalsukan.

Kualitas lulusan sangat dipengaruhi oleh standar-standar pelaksanaan system pembelajaran, yang disusun dan diawasi oleh Lembaga Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi UNIPAS yang diketuai oleh  dan Dr. Drs. I Gde Made Metera, MSi. Meskipun dari sisi standar biaya yang dikeluarkan dan dibayar oleh mahasiswa, jauh dari standar nasional yaitu 18 juta permahasiswa pertahun, namun di Unipas mahasiswa hanya membayar tidak lebih dari 6 juta pertahun. Kondisi ini terjadi, karena Unipas dapat melakukan efisiensi dalam penggunaan anggaran, sebagian besar dosen yang terlibat didalam proses adalah PNS yang dipekerjakan di universitas Panji Sakti,  disamping akses dana untuk memenuhi standar pembiayaan banyak diperoleh dari kontribusi pemerintah, baik dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten dalam memenuhi sarana dan prasarana. Sedangkan dalam bidang penelitian dan pengabdian pada masyarakat para dosen dapat bersaing untuk memperoleh anggaran dari kemenristek dikti, pemerintah daerah maupun swasta disekitar UNIPAS. Dan dalam mendukung kegiatan mahasiswa juga banyak didukung oleh pemerintah dan sponsorship dari pihak swasta. Dengan demikian meskipun biaya yang dikeluarkan masyarakat tidak memenuhi standar, tapi dari sisi proses dan kualitas tetap terjaga sesuai standar yang ditentukan.

Menjawab pertanyaan pemirsa, berkenaan dengan aktivitas mahasiswa yang harus banyak melibatkan alumni, kalangan anak-anak SMA/SMK. Rektor selalu mendorong dan mendukung kegiatan mahasiswa, baik yang melibatkan alumni, maupun siswa SMA/SMK, melalui lomba-lomba tingkat SMA/SMK, yang menyesuaikan dengan bidang ilmu yang mereka geluti di Program Studi. Sampai saat ini UNIPAS juga telah meresmikan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), yaitu UKM futsal, UKM musik dan Seni, UKM yoga, UKM Pencinta Alam dan UKM KSR. Melalui UKM-UKM ini mahasiswa dapat melakukan kegiatan baik dalam menghimpun minat dan bakat di kalangan mahasiswa maupun dalam melaksanakan kegiatan sosialisasi kegiatan dengan melibatkan kalangan luar kampus, seperti anak-anak SMA/SMK. Kegiatan sosialisasi terus dilakukan untuk mendapatkan mahasiswa yang fresh graduate, yayasan Korpri Panji Sakti berencana memberikan subsidi pada mahasiswa yang mau  kuliah pada pagi hari sampai mencapai 50 % dari seluruh anggaran yang diperlukan. Hal ini dilakukan karena sampai saat ini perbandingan mahasiswa yang bekerja mencapai 75% dan 25 % mahasiswa pres graduate, sehingga perlu terus dilakukan sosialisasi terhadap masyarakat.

Sosialisasi keberadaan kampus, harus juga dilakukan oleh civitas lainnya, seperti dosen melalui kegiatan pengabdian dan penelitian yang dapat memberi solusi terhadap berbagai persoalan yang dihadapi oleh masyarakat, dengan menerapkan keilmuan dan teknologi yang sesuai dengan Prodi atau bidang keilmuan yang para dosen geluti.

Persiapan unipas dalam menghadapi tantangan ke depan, dimana diketahui bahwa UNIPAS sebagai universitas swasta pertama dan terbaik di Singaraja. Menurut PR I bidang AKdemik Drs. I Made Mardiasa, MM adalah menjadikan universitas yang berbudaya mutu, dengan merencanakan dengan setiap proses tri dharma perguruan tingggi, mengikuti norma-norma yang ada, menyusun profil lulusan program studi, yang dapat diterima oleh sebagian besar stakeholders, lulusan bisa disetarakan dengan lulusan perguruan tinggi lainnya. Penyusunan kurikulum KKNI, penerimaan mahasiswa melelaui seleksi, dan mahasiswa yang berprestasi. Selain menjadikan perguruan tinggi yang bermutu, juga berfokus pada peningkatan  kemampuan jiwa interpreneur sehingga mahasiswa tidak hanya sebagai pencari pekerjaan tetapi  menciptakan pekerjaan untuk masyarakat. Disamping itu UNIPAS juga mempersiapkan teknologi dalam informasi, melalui penerapan system pendataan mahasiswa berbasis computer dan internet, hal ini dilakukan melalui penyelenggaraan E-Campus, yang dapat mempersiapkan penyelenggaraan perguruan tinggi secara efisien, baik dari sisi mutu, pelayanan mahasiswa, penyelenggaraan pembiayaan, system belajar mengajar, pengandian dan penelitian. Semua penyiapan mutu lulusan ini dipersiapkan oleh lembaga penjaminan mutu, baik ditingkat Universitas, fakultas maupun ditingkat Program Studi.

Lembaga Penjaminan Mutu adalah menyiapkan semua hal terkait proses di perguruan tinggi, dari  bagian dari struktur , kurukulum disusun berdasarkan permintaan stakeholders, standar pendidik harus memiliki jabatan akademik dan tersertifikasi, mengajar atau tatap muka minimal 12 sks dalam satu semester, standar pembiayaan, sarana prasarana, standar proses, standar pengelolaan dan standar penilaian. Dari sisi penelitian juga harus ada standar luaran yang jelas dan bermanfaat bagi dunia pendidikan dan masyarakat, termasuk juga standar pada pengabdian. Standar mutu yang dibuat sendiri, sebagai penguat jaminan mutu nasional. Mahasiswa harus bisa berbahasa inggris, mahasiswa harus menguasai IT untuk mencapai keterampilan itu, UNIPAS telah menyediakan laboratorium computer dan Lab Bahasa Inggris. Mutu ditingkatkan melalui kompetisi dan daya saing, UNIPAS menyediakan pilihan yang baik dari masyarakat, baik dari bidang minat dan keilmuan, maupun dari sisi waktu kuliah (sore atau pagi hari). Dengan demikian masyarakat, khususnya masyarakat Buleleng tidak perlu kuliah ke luar Buleleng, jika terkait dengan masalah mutu dan daya saing, karena dimanapun kuliah, jika akreditasi sama maka standar yang diberlakukanpun pasti sama, sehingga dengan kuliah di Buleleng selain lebih murah dari sisi biaya hidup, biaya pendidikan, juga dapat member kontribusi dalam pembangunan di di Daerah, khususnya Kabupaten Buleleng (Sie Publikasi).




 Berita Terkait
Nama
Website
Komentar