Peningkatan Kapasitas Dan Kualitas Relawan PMI Kabupaten Buleleng melalui Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat
Pengabdian Pada Masyarakat
Senin, 19 November 2018 | Admin | 20 kali

Peningkatan Kapasitas Dan Kualitas Relawan PMI Kabupaten Buleleng melalui Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat

Lembaga Sosial kemasyarakatan yang membantu pemerintah dalam melaksanakan kegiatan sosial kemasyaratan, yaitu Palang Merah Indonesia yang bertujuan untuk meringankan penderitaan masyarakat, terutama yang terdampak bencana berlandaskan pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana dan diperkuat dengan kehadiran Undang-Undang Republik Indonesia No. 1 Tahun 2018, tentang Kepalangmerahan. Khususnya di wilayah Kabupaten Buleleng, telah banyak dapat memberi manfaat kepada masyarakat dalam bidang pelayanan kepalangmerahan, namun akibat keterbatasan sumberdaya manusia maupun dari sisi anggaran, PMI Kabupaten Buleleng, membutuhkan kerjasama dari semua pihak, dari unsur masyarakat, lembaga swadaya masyarakat, sekolah, perguruan tinggi dan pemerintah. 

Pelaksanaan layanan PMI Kabupaten Buleleng, sebagai lembaga sosial dan kemasyarakatan yang membantu pemerintah dalam melaksanakan kegiatan bantuan kepada masyarakat, perlu selalu ditingkatkan kapasitasnya, baik dari sisi sumberdaya maupun sumberdaya keuangan, melalui berbagai kegiatan fun rising, kerjasama antara lembaga, dan penyediaan tenaga relawan dari masyarakat. Penyediaan tenaga relawan ini harus yang berkualitas, untuk dapat memenuhi kebutuhan dan kemanfaatan layanan bagi masyarakat, sangatlah penting. Penguasaan  sistem layanan yang berkualitas, yang mengandung kedisiplinan, tanggungjawab, inisiatif dan penuh dedikasi dalam pelaksanaan tugas serta kemampuan untuk mengembangkan loyalitas dan partisipasi masyarakat. Sebab dalam peningkatan kualitas layanan sangat penting kemampuan meningkatkan daya dukung dan kepercayaan dari masyarakat. Kualitas juga menyangkut ketepatan, ketelitian, keterampilan, kemampuan kerjasama, manajemen organisasi, kepemimpinan dan pola perilaku, dan pengusaaan materi kepalangmerahan. Dengan demikian para relawan diharapkan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan memberi solusi dan rasa kepuasan pada masyarakat dan tidak menimbulkan masalah baru di kemudian hari.  Adapun diklat dan materi yang diberikan adalah materi kepalangmerahan, manajemen organisasi, kode perilaku, kepemimpinan, bantuan hidup dasar, perawatan keluarga, kebencanaan dan materi kepalangmerahan lainnya. Untuk menjamin kestabilan emosi dan moralitas serta integritas dan solidaritas para relawan setiap materi dikemas dan disampaikan oleh tim profesiaonal dan terlatih, dengan cara menarik, bersahabat, penuh motivasi dan penguatan mental, bermain dan outbond, sehingga materi dapat diterima dan diserap, serta mampu dipraktikkan dalam melaksanakan tugas kemanusiaan untuk membantu PMI dan berbagai kegiatan masyarakat.

Kondisi PMI Kabupaten Buleleng, sangat terbatas dalam bidang sumberdaya manusia, sehingga perlu secara konsisten melakukan perekrutan tenaga relawan, dan untuk dapat melaksanakan tugas, relawan perlu dilatih secara professional dengan penerapan kurikulum secara baku. Regenerasi relawan PMI banyak mengandalkan kerjasama dengan perguruan tinggi yang ada di wilayah Kabupaten Buleleng, namun belum semua Perguruan Tinggi melaksanakan dukungan terhadap PMI Kabupaten Buleleng secara signifikan, sehingga diperlukan sosialisasi secara terus menerus kepada masyarakat. Luasnya wilayah jangkauan PMI Buleleng mencapai 148 Desa dan kelurahan dengan topografi sebagian besar lereng dan sungai, berada dalam bentangan pantai dari timur ke Barat, sehingga rawan bencana, baik tanah longsor, banjir, air pasang dan tsunami, di samping juga terdampak gempa bumi, yang sudah tentu daya dukung relawan perlu diperluas sampai pada tingkat desa. Dari sisi organisasi penanggulangan bencana, PMI baru memiliki 4 (empat) desa siaga bencana (SIBAD), dari 148 desa/ dan kelurahan. Tenaga relawan terlatih ini diharapkan dapat ikut serta mengembangkan tenaga relawan ke seluruh wilayah layanan PMI Kabupaten Buleleng, selain nantinya saat bencana dapat dimobilisasi sebagai tenaga pelaksana penanggulangan bencana.

 




Nama
Website
Komentar