Pengelolaan Informasi Publik Melalui Pemanfaatan Media Website (Studi di Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Buleleng)
LOCUS MAJALAH ILMIAH FISIP - ISSN 2406-7695
Minggu, 31 Desember 2017 | Admin | 117 kali

Pengelolaan Informasi Publik Melalui Pemanfaatan Media Website (Studi di Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Buleleng)

Oleh : Gusde Mahardika*1 dan Putu Agustana*2

(Locus Majalah Ilmiah Fisip Vol 8 No. 1- Agustus 2017 , hal 93-104) 

Abtraksi. Penelitian atas dimensi pengelolaan informasi publik dan mengacu pada UU No. 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kualitas pelayanan informasi hampir di segala aspek kehidupan yang menjadi sebuah permasalahan, sejalan dengan perkembangan teknologi informasi. Tujuan penelitian ini  adalah: (1) Untuk mengetahui informasi yang disediakan dalam website bulelengkab.go.id; (2) Untuk mengetahui bagaimana pengelolaan website bulelengkab.go.id dalam mendukung pelayanan keterbukaan informasi publik di Kabupaten Buleleng; (3) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam pengelolaan website bulelengkab.go.id dalam mendukung pelayanan keterbukaan informasi publik di Kabupaten Buleleng

Objek penelitian merupakan website resmi Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng, yakni halaman website bulelengkab.go.id yang dikelola pada Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Buleleng, dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data triangulasi yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi pada pengelolaan halaman website bulelengkab.go.id di Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Buleleng.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa informasi publik yang tersedia pada website bulelengkab.go.id merupakan keseluruhan kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kabupaten Buleleng. Dilhat dari standar kriteria yang tertuang dalam UU KIP NO. 14 Tahun 2008, bahwa halaman website bulelengkab.go.id belum secara optimal memberikan informasi kepada masyarakat, hal ini dikarenakan masih dilakukannya penataan ulang konten website akibat dari perubahan OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng di awal Tahun 2017. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pengelolaan website bulelengkab.go.id telah direncanakan, dilaksanakan dan diawasi dengan baik, hal ini terlihat dari tingginya minat kunjungan website dan telah terintegrasinya beberapa aplikasi berbasis internet/online ke dalam website bulelengkab.go.id. Hal yang menjadi kendala bagi pengelolaan website bulelengkab.go.id yakni masalah jaringan internet, masih lemahnya kualitas maupun kuantitas SDM/tenaga ahli dibidang informasi dan teknologi dan kendala lainnya, sehingga pemanfaatan media website bulelengkab.go.id untuk mendukung pengelolaan informasi publik di Kabupaten buleleng masih perlu dibenahi demi terciptanya keterbukaan informasi publik dan good governance.

Kata Kunci: Informasi Publik, Keterbukaan Informasi, Pemerintah Daerah.

*1Alumni Fisip Unipas

*2Staf Pengajar FISIP Universitas Panji Sakti




 Berita Terkait
Nama
Website
Komentar