Loka Karya dan Seminar Nasional 2017
Umum
Minggu, 17 Desember 2017 | Admin | 77 kali

Loka Karya dan Seminar Nasional 2017

a. Latar Belakang

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenal tujuan,isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untk mencapai tujuan pendidikantertentu (pasal 1 butir 19 UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem PendidikanNasional) dan Peraturan SN-DIKTI Nomor 44 Tahun 2015, Tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi.

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi maupun bahan kajian dan pelajaran serta cara penyampaian dan penilaian yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar­ mengajar di perguruan tinggi (Pasal 1 butir 6 Kepmendiknas No. 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa), tentang KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) dan Permendikbud No. 73 tahun 2013 tentang Penyelenggaraan KKNI di Perguruan Tinggi .

Dalam penyusunan kurikulum program studi perlu dipikirkan agar keluaran (outcomes) yang diharapkan, sasaran (goals), dan tujuan (objective) pendidikan yang akan dicapai kurikulum tersebut, tidak memuat nilai-nilai dasar yang cepat usang dan/atau tidak relevan, hal seperti ini disebut sabretoothed curriculum. Kurikulum harus responsif pada perubahan kebutuhan stakeholders terhadap lulusan program studi tersebut. Dalam hal ini calon mahasiswa dan lulusan Prodi Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Panji Sakti adalah Administrator baik di Pemerintahan maupun swasta, yang mana luaran lulusan banyak mengacu pada kebutuhan dan kepentingan mencapai profesionalisme dalam mengelola administrasi publik yang baik.  Kurikulum bersifat khas untuk sesuatu program studi, sebagaimana juga kekhasan tujuan pendidikan dan kompetensi lulusan dari suatu program studi. Kurikulum dapat memuat tiga pokok pikiran: 1) apa yang dirancang untuk mahasiswa; 2) apa yang diberikan kepada mahasiswa dan 3) pengalaman apa yang diperoleh mahasiswa. Empat elemen pokok yang yang harus terisi dalam kurikulum adalah (a) isi ; (b) strategi pembelajaran; (c) proses penilaian dan (d) proses evaluasi.

Peningkatan kualitas sumberdaya belajar dan meningkatkan kualitas output Tri Dharma Perguruan Tinggi, di mana dituntut hasil dari keluaran program studi diharapkan mampu menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadpi lulusan, baik berkenaan dengan penciptaan peluang kerja, penyelesaian persoalan-persoalan masyarakat, dunia kerja dan kemampuan meningkatkan daya saing dan menciptakan lulusan yang entrepreneurship, yang memiliki karakteristik daya kreatif dan inovatif, jujur, disiplin, mandiri, memiliki jiwa kepemimpinan, mengandalkan kompetensi dan profesionalisme di bidang administrasi, maka diperlukan visi yang spesifik, modern dan memperkuat profesionalisme lulusan, yaitu:

“Mewujudkan program Studi Ilmu Administrasi Negara yang memiliki keunggulan kompetitif, kreatif, inovatif dan profesionalisme dalam bidang administrasi yang berorientasi pada entrepreneurship”.

Mengingat peserta yang dilibatkan dalam acara loka karya dan seminar ini adalah alumni dan mahasiswa, juga diharapkan ada perwakilan dari perguruan tinggi lain, yang memiliki prodi yang sama, serta para stakeholder baik dari dunia usaha dan pemerintah. Dan dalam upaya mengikuti perkembangan konsep kekinian maka tema loka karya ini akan mengupas penguatan profesionalisme dan netralitas ASN, yang banyak mengambil landasan kajian perkembangan administrasi publik di masa depan, dalam menghadapi tekanan politik, ekonomi, yang dapat mempengaruhi system para apartur dan public servant menjadi tidak proporsional dan tidak netral, sedangkan disisi lain tuntutan kualitas layanan publik dari masyarakat semakin tinggi.

b. Tema dan Tujuan

Adapun Tema loka karya dan seminar ini adalah “Kurikulum KKNI dalam Rangka Memperkuat Profesionalisme dan Netralitas ASN dalam Layanan Publik dan Politik Daerah”. Tema ini disusun berlandaskan pada perkembangan kekinian dimana aparatur pelayan publik dalam meningkatkan profesionalismenya dituntut netral sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Adapun tujuan dari loka karya dan seminar ini adalah  sebagai berikut:

  1. Memberikan pemahaman tentang pentingnya profesionalisme dan netralitas diwujudkan dalam pengisian dan penyusunan kurikulum yang dapat berpengaruh pada mutu lulusan program studi.
  2. Penyerapan aspirasi melalui diskusi dan seminar tentang kualitas layanan publik di masa mendatang, dalam mewujudkan aparatur yang bersih, professional dan netral dalam layanan publik.
  3. Dapat memberi dan menerima masukan pada lembaga tentang sinergitas Program Studi dengan Lembaga Pemerintah, swasta dan program studi administrasi Publik dari perguruan tinggi lainnya.

c. Hasil yang ingin dicapai

  1. Masukan dan penyempurnaan draf kurikulum menuju KKNI Prodi Administrasi Negara/Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Panji Sakti.
  2. Pengetahuan umum, berupa paper dan hasil pembahasan diskusi narasumber dan para peserta Loka Karya dan Seminar.

d. Jadwal dan Tempat Pelaksanaan

Pelaksanaan dilaksanakan Pada Hari, Sabtu 17 Desember 2017, mulai pukul 10.00 wita-selesai, di kampus Universitas Panji Sakti, Jalan Bisma 22 Singaraja.

e. Pembicara

  1. Dr. Drs. I Gde Made Metera, M.Si (Narasumber dari Universitas Panji Sakti
  2. Dr. Drs. I Nyoman Subanda, M.Si (Narasumber dari Universitas Pendidikan Nasional Denpasar)

f. Peserta, Adapun peserta seminar adalah:

  1. Dari Program Studi Administrasi Publik/Negara dari berbagai perguruan tinggi se-Bali
  2. Dari stakeholder baik  Organisasi Pemerintah maupun swasta di Wilayah Kabupaten Buleleng
  3. Undangan dari Prodi yang sama pada PT yang ada di Bali Alumni, Mahasiswa dan Dosen Fisip Universitas Panji Sakti Singaraja.

g. Pembiayaan

Seluruh biaya dilaksanakan melalui penggalian dana Temu Alumni, Mahasiswa dan dari Yayasan Korpri Panji Sakti, melalui anggaran Universitas Panji Sakti seperti di bawah ini.

Demikian TOR atau pedoman kegiatan dibuat agar pelaksanaan loka karya dan seminar ini dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya dan lancar

 




 Berita Terkait
Nama
Website
Komentar