RENCANA STRATEGIS (RENSTRA) FAKULTAS
KURIKULUM
Jumat, 15 November 2013 | Admin | 2706 kali

RENCANA STRATEGIS (RENSTRA) FAKULTAS

a).  Pendahuluan

1)      Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia adalah faktor utama yang mempengaruhi kemajuan dan perkembangan sebuah lembaga. Mengingat trend dan kebutuhan lembaga lembaga meningkat dan kepentingan untuk menyesuaikan dengan perkembangan serta tuntutan masyarakat, dipandang perlu untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, baik secara kuantitas maupun kualitas. Di sisi lain secara realitas kelembagaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik keberadaan SDM sudah mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, terutama dari sisi jenjang pendidikan dan jabatan akademik. Namun perlu juga disusun rencana strategis bidang SDM agar SDM yang ada dapat maksimal dalam pengembangan diri dan lembaga, serta memiliki komitmen yang tinggi terhadap kemajuan lembaga dan dunia pendidikan tinggi secara umum.

2)      Tata Laksana Organisasi

Di bidang penata-organisasian; pengelompokan kerja, jabatan, pelaksanaan administrasi, proses dan model pengambilan keputusan, pemberdayaan dan penyempurnaan struktur fakultas, job description dll. mempengaruhi sistem penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Perlu ada upaya-upaya yang relevan terkait dengan pengaturan organisasi.

  1.  Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Pelaksanaan bidang Pendidikan dan Pengajaran sudah sesuai dengan ketentuan yang ada, namun perlu peningkatan pelaksanaan terutama menyangkut hasil dari proses PBM, perkembangan rata-rata IPK Mahasiswa, daya serap dunia kerja, pertemuan PBM dan fungsi Pembimbing akademik. Dibidang Pengabdian dan Penelitian masih minim terutama disebabkan oleh hambatan sumber dana dan inisiatif serta pelaporan hasil pelaksanaan kegiatan secara mandiri masih perlu peningkatan.

2.  Sumber Dana Keuangan

Dengan mengandalkan sumber keuangan dari lembaga baik Yayasan Korpri Panji Sakti dan Universitas Panji Sakti, serta Dana Fisip yang mana sebagian besar bersumber dari mahasiswa, di mana inputnya dari tahun ke tahun menurun sedangkan kebutuhan peningkatan kualitas kelembagaan membutuhkan peningkatan dana secara ajeg dari tahun ke tahun. Dibutuhkan penyusunan sekala prioritas pengembangan lembaga sesuai dengan struktur keuangan yang ada. Perlu melaksanakan kegiatan yang terkait dengan upaya meningkatkan jumlah pemasukan lembaga, baik melalui pendekatan program (menjual program) dan mengusahakan kerjasama kemitraan yang sesuai dengan bidang dan keahlian yang dimiliki SDM lembaga.

3. Sarana Prasarana

Sarana gedung memadai, fasilitas pendukung belajar tersedia, tetapi perlu peningkatan secara kuantitas serta menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Perpustakaan tersedia, dengan komposisi kebutuhan bahan bacaan masih belum maksimal dan perlu peningkatan secara kuantitas dan pemutahiran buku, serta sistem pengelolaan perpustakaan perlu berbasis manajemen  modern. Perlu upaya pengembangan laboratorium pengembangan ilmu sosial baik yang diusahakan sendiri maupun kerjasama dengan lembaga lain melalui praktik kerja mahasiswa.

4.  Publikasi dan Kehumasan

Desiminasi dan sosialisasi telah dilaksanakan melalui berbagai media dan metode antara lain: elektronik, media cetak, KIE (melalui brosur, majalah), pemasangan baliho dan metode lain dengan memanfaatkan seluruh potensi yang ada yaitu: dosen, mahasiswa, alumni dan pihak-pihak terkait lainnya. Perlu peningkatan frekwensi pelaksanaan publikasi dan kehumasan, dengan mempergunakan metode paling efektif melalui penerapan berbagai teknologi yang berkembang.

3)       Tujuan

Terwujudnya pelaksanaan organisasi yang mampu mengaktualisasi visi dan misi Fisip Universitas Panji Sakti secara utuh, riil dan berkesinambungan, untuk mencapai pelayanan dan penyelenggaraan sistem pendidikan tinggi yang berkualitas dan menghasilkan lulusan yang professional sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Tujuan Khusus:

  1. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Panji Sakti dapat memenuhi tanggungjawabnya dalam menyelenggara-kan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara baik dan berkualitas.
  2. Terselenggaranya pelayanan terhadap mahasiswa di bidang pendidikan dan pengajaran secara berkualitas, serta menghasilkan lulusan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  3. Sistem administrasi dan keuangan yang ajeg, guna mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  4. Meningkatnya upaya-upaya sosialisasi dan advokasi tentang keberadaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Panji Sakti kepada masyarakat luas.

4)       Strategi Prioritas

i.      Meningkatkan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi

    1. Mengatur beban tugas dosen sesuai dengan ketentuan, dan penjadwalan secara teratur.
    2. Melaksanakan kerjasama kemitraan dengan pihak-pihak untuk dapat menunjang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi
    3. Meningkatkan dan memantau proses penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
    4. Perbaikan sistem pengarsipan terkait dengan pelaksanaan  Tri Dharma Perguruan Tinggi.

ii.      Meningkatkan kemampuan dan kapasitas staf pengajar maupun staf administrasi.

    1. Selalu mendorong dan mendukung upaya-upaya staf untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitasnya.
    2. Meningkatkan kemampuan sumber daya manusia melalui jalur pendidikan dan pelatihan.
    3. Meningkatkan frekwensi pertemuan dan rapat fakultas untuk merumuskan strategi pengembangan SDM dengan metode partisipasi.
    4. Meningkatkan kerjasama dengan universitas maupun yayasan dalam upaya peningkatan kapasitas SDM
    5. Menjalin kerjasama dengan pihak pemerintah maupun lembaga pendidikan lain untuk mendukung peningkatan kapasitas SDM

 iii.      Penataan administrasi pelayanan dan administrasi keuangan

Penyelenggaraan administrasi pelayanan yang terpadu dan satu pintu, untuk mendukung pelaksanaan pelayanan yang cepat dan tepat, serta menjamin efisiensi dan efektivitas layanan.

    1. Penyederhanaan dan penyempurnaan sistem administrasi serta pengarsipan.
    2. Selalu menyelenggarakan pelaksanaan pembukuan yang transfaran dan jadwal pelaporan tepat waktu.
    3. Penyampaian laporan selalu dilaksanakan melalui rapat rutin fakultas dan hasilnya dilaporkan ke universitas maupun pada pihak-pihak yang berkompeten.
    4. Mengupayakan sumber-sumber pendanaan lain yang tidak mengikat.

iv.      Meningkatkan sosialisasi, desiminasi dan promosi secara komprehensif, tentang keberadaan lembaga

    1. Pengembangan materi KIE (IEC Material)

Infomation Education Communication (IEC) yang dikembangkan adalah brosur di fakultas, baliho dan majalah/media cetak kerjasama dengan universitas, teknis penyebaran sesuai dengan kebutuhan. Pemasangan baliho dan pengisian materi majalah sesuai dengan jadwal di Universitas Panji Sakti. Penyebaran media KIE menyaran pada masyarakat potensial menjadi calon mahasiswa maupun pengguna jasa layanan lembaga.

2.  Sosialisasi melalui Pertemuan Ilmiah dan kelembagaan

Penyelenggaraan seminar, sarasehan, loka karya, work shop, diskusi panel, pertemuan-pertemuan dengan  pihak-pihak sekolah, pengabdian pada masyarakat, kerja sosial (kersos) mahasiswa, karya bhakti kemasyarakatan dan bentuk kerjasama dengan berbagai pihak guna pengembagan dan pemasyarakatan keberadaan lembaga.

3.  Menggunakan media cetak, elektronik dan internet (Web Site)

Konferensi pers, peliputan media cetak, elektronik dalam berbagai kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, interaktif Radio, dan membangun situs web site sangat penting dalam membangun imid positif dan meningkatkan kemilikan masyarakat terhadap keberadan lembaga.

5)      Pendanaan (Budget)

Untuk strategi pengembangan sumber pendanaan diupayakan melalui peningkatan kualitas pelayanan terhadap mahasiswa dan melalui berbagai pengembangan program fakultas dalam rangka menjalin kerjasama kemitraan dibidang  penyelenggaraan program.

b).  Pelaksanaan

Implementasi Rencana Strategi ini, dilaksanakan dengan komitmen bersama dari komponen yang terlibat. Setiap tahun akan dilaksanakan monitoring dan evaluasi, serta diadakan pengkajian-pengkajian dan penyempurnaan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan lembaga serta tuntutan masyarakat.

c).   Penutup

Demikian buku Pedoman Studi  dan Renstra (Rencana Strategis) pengembangan lembaga Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Panji Sakti, disusun berdasarkan rapat kerja fakultas. Apabila dalam pelaksanaannya ditemukan hal-hal yang tidak sesuai atau terjadi hambatan akan disempurnakan dan diperbaiki sesuai dengan kebutuhan.




Nama
Website
Komentar