Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Pengurusan Ktp Elektronik Di Kantor Kecamatan Busungbiu Kabupaten Buleleng
LOCUS MAJALAH ILMIAH FISIP - ISSN 2406-7695
Rabu, 29 Agustus 2018 | Admin | 194 kali

Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Pengurusan Ktp Elektronik Di Kantor Kecamatan Busungbiu Kabupaten Buleleng

Oleh : Kadek Artini dan I Nyoman Mudarya

(Locus Majalah Ilmiah Fisip Vol 7 No. 1- Pebruari 2017, hal 84-98)

 Abstraksi

Pegawai pemerintahan adalah aparat birokrasi yang juga sebagai abdi masyarakat harus memiliki kinerja yang baik agar mampu memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat khususnya dalam pengurusan KTP elektronik.

Dari hasil penelitian ditemukan fakta bahwa kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan pengurusan KTP di Kantor Kecamatan Busungbiu sudah sesuai dengan indikator seperti ketepatan pelayanan, efektivitas, kualitas dan kuantitas pelayanan, kemandirian pegawai dalam memberikan pelayanan, serta adanya hubungan interpersonal antar pegawai.

 Hal-hal yang menjadi pendukung dan penghambat pelayanan yang diberikan oleh pegawai kepada masyarakat di Kantor Kecamatan Busungbiu adalah kualitas dan kuantitas SDM pegawai, kerjasama antara pegawai dalam memberikan pelayanan, sikap pegawai dalam memberikanpelayanan, dan status kepegawaian dari pegawai pemberi pelayanan. Sedangkan solusi dalam mengatasi hambatan yang ada adalah dengan menambah jumlah pegawai dan memberikan pendidikan dan pelatihan kepada pegawai, memperbaiki sikap pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, serta memperpanjang masa kontrak bagi pegawai yang berkinerja baik.

Kata Kunci : pelayanan publik, kinerja pegawai, KTP elektronik




 Berita Terkait
Nama
Website
Komentar