Peran Komunikasi Dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Pada Dinas Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Buleleng
LOCUS MAJALAH ILMIAH FISIP - ISSN 2406-7695
Rabu, 29 Agustus 2018 | Admin | 207 kali

Peran Komunikasi Dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Pada Dinas Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Buleleng

Oleh : Desak Putu Sri Purnami dan Dewa Made Joni Ardana

(Locus Majalah Ilmiah Fisip Vol 7 No. 1- Pebruari 2017, hal 71-83)

 Abstraksi

Komunikasi merupakan hal penting dalam sebuah organisasi. Komunikasi merupakan alat utama untuk melakukan kejasama diantara pegawai-pegawai dalam suatu instansi. Komunikasi yang baik akan mendukung proses kerjasama diantara para pegawai pada Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Buleleng. hal tersebut tentunya akan berdampak pada meningkatnya prestasi kerja pegawai.

Sehubungan dengan hal tersebut, dalam penelitian ini, beberapa pokok permasalahan dapat dirumuskan yaitu : 1) bagaimanakah peran komunikasi dalam meningkatkan prestasi kerja pegawai pada Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Buleleng ?, dan 2) apa faktor-faktor pendukung dan penghambat komunikasi dalam meningkatkan prestasi kerja pegawai pada Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Buleleng  ?

Dari hasil penelitian ditemukan fakta bahwa komunikasi berperan dalam meningkatkan prestasi kerja pegawai pada Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Buleleng. dimana komunikasi menyebabkan timbulnya kemahiran dalam pelaksanaan pekerjaan, timbulnya dorongan semangat kerja, serta komunikasi sebagai alat utama bagi para pegawai untuk bekerjasama mencapai prestasi kerja.

Juga ditemukan bebrapa faktor pendukung dan penghambat komunikasi dalam meningkatkanprestasi kerja pegawai pada Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Buleleng. faktor pendukung komunikasi terdiri dari penguasaan bahasa, sarana komunikasi, kemampuan berpikir atau tingkat kecerdasnpegawai sebagai pelaku komunikasi, dan lingkungan yang baik. Sedangkan faktor penghambat komunikasi terdiri dari hambatan dari pengirim pesan, hambatan dalam penyandian/sombol, hambatan media komunikasi, hambatan dalam bahasa sandi, hambatan dari penerima pesan, dan hambatan psikologis dan sosial.

Kata kunci : komunikasi, kerjasama, prestasi kerja




 Berita Terkait
Nama
Website
Komentar