Manajemen Pengelolaan Pariwisata Di Objek Wisata Air Terjun Desa Gitgit Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng
LOCUS MAJALAH ILMIAH FISIP - ISSN 2406-7695
Rabu, 29 Agustus 2018 | Admin | 265 kali

Manajemen Pengelolaan Pariwisata Di Objek Wisata Air Terjun Desa Gitgit Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng

Oleh : Ni Kadek Eva Parwati dan I Nyoman Suprapta

(Locus Majalah Ilmiah Fisip Vol 7 No. 1- Pebruari 2017, hal 56-70)

 Abstraksi

Pariwisata merupakan salah satu sektor andalan dalam pembangunan di Bali. Untuk itu pengelolaan pariwisata tersebut haruslah menggunakan prinsip-prinsip manajemen supaya bisa memberikan kemakmuran bagi kehidupan masyarakat setempat dan masyarakat Bali secara umum.

Dari hasil penelitian ditemukan fakta bahwa perencanan pengelolaan pariwisata di Desa Gitgit dilaksanakan bersamaan dngan Musrenbangdes dengan melibatkan semua pihak yang berkecimpung dalam pariwisata. Perencanaan diawali dengan menyerap berbagai masukan dan aspirasi dari masyarakat pelaku pariwisata. Selanjutnya pelaksanaan pengelolaan pariwisata di Desa Gitgit lebih mengedepankan pada pelestarian budaya dan alam sekitar, dengan mendayagunakan sumber daya yang ada. Aktor-aktor pelaksananya adalah pihak-pihak yang diberi wewenang untuk mengelola pariwisata tersebut serta para pelaku pariwisata itu sendiri

Pengawasan / pengendalian pengelolaan pariwisata dilakukan secara internal dan eksternal. Secara internal pengawasan/pengendalian dilakukan oleh pemerintah desa dan desa pakraman. Sedangkan pengawasan eksternal dilakukan oleh pemerintah kabupaten dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Pengawasan juga dilakukan oleh masyarakat sebagai bentuk kontrol sosial.

Kata kunci : perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pengelolaan, pariwisata.




 Berita Terkait
Nama
Website
Komentar