Peranan Pecalang dalam Menjaga Keamanan dan Ketertiban Desa Pakraman Di Desa Pakraman Kalubukbuk
LOCUS MAJALAH ILMIAH FISIP - ISSN 2406-7695
Rabu, 29 Agustus 2018 | Admin | 349 kali

Peranan Pecalang dalam Menjaga Keamanan dan Ketertiban Desa Pakraman Di Desa Pakraman Kalubukbuk

Oleh : I Putu Sutaryadi Sanjaya dan Putu Agustana

(Locus Majalah Ilmiah Fisip Vol 7 No. 1- Pebruari 2017, hal 27-42)

 Abstraksi

Pembangunan di bidang keamanan bertujuan menjaga keutuhan wilayah kesatuan Republik Indonesia dari gangguan pihak luar maupun dari dalam serta menjaga hasil-hasil pembangunan. Keberadaan Pecalang dalam kehidupan Desa Pakraman di Bali sangat penting untuk menjaga keamanan ,ketertiban dan rasa aman serta kesucian Tri Mandala Desa Adat

Peran Pecalang dalam menjaga keamanan dan ketertiban Desa Pakraman meliputi: memberikan perlindungan dan pengamanan dalam hubungan pelaksanaan tugas adat dan agama, menjamin kesucian Tri Mandala Desa Adat. Dalam pelaksanaan perannya tersebut, Pecalang Desa Pakraman Kalibukbuk menemui berbagai hambatan seperti hambatan internal berupa kualitas dan kuantitas SDM Pecalang, kurangnya dana dan prasarana yang dimiliki Desa Pakraman Kalibukbuk untukmembiayai dan memudahkan tugas pecalang, serta rendahnya kesadaran krama desa untuk mengabdi (ngayah) menjadi Pecalang. Hambatan eksternalnya adalah tidak adanya wewenang yang dimilikui oleh pecalang untuk menindak krama yang melakukan pelanggaran.

Solusi yang dilakukan untuk mengatasi berbagai hambatan tersebut adalah dengan sering mengikuti berbagai jenis pelatihan yang bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta keterampilan anggota pecalang. Ikut menjadi pengelola parkir kalau ada hajatan-hajatan besar di daerah Lovina untuk mendapatkan dana. Juga dengan selalu menggugah kesadaran krama untuk mau menjadi anggota pecalang. Selalu berkoordinasi dengan Desa Pakraman dan aparat keamanan untuk menangani pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh krama.

Kata kunci : pecalang, keamanan, ketertiban, desa pakraman.




 Berita Terkait
Nama
Website
Komentar