Implementasi Kebijakan Desa Pakraman Dalam Pengelolaan Pariwisata Di Objek Wisata Air Sanih
LOCUS MAJALAH ILMIAH FISIP - ISSN 2406-7695
Rabu, 29 Agustus 2018 | Admin | 274 kali

Implementasi Kebijakan Desa Pakraman Dalam Pengelolaan Pariwisata Di Objek Wisata Air Sanih

Oleh : Desak Putu Dewi Ryani dan Gede Sandiasa

(Locus Majalah Ilmiah Fisip Vol 7 No. 1- Pebruari 2017, hal 1-13)

 Abstraksi

Pariwisata merupakan salah satu sektor andalan dalam pembangunan di Bali. Untuk itu pengelolaan pariwisata yang diserahkan kepada Desa Pakraman dengan berbagai kebijakannya akan lebih memberikan kemakmuran bagi kehidupan masyarakat Bali secara umum.

Dari hasil penelitian ditemukan fakta bahwa implementasi kebijakan desa pakraman Sanih dalam pengelolaan pariwisata dilakukan dengan mengambil alih secara penuh pengelolaan objek wisata air sanih dengan tujuan untuk memberikan kesejahteraan kepada krama desa pakraman Sanih. Juga bertujuan untuk mengumpulkan dana untuk membiayai kegiatan-kegiat desa pakraman. Pengelolanya diserahkan semua kepada krama desa pakraman sanih. Kondisi air yang jernih mendukung perkembangan pariwisata karena banyak pengunjung yang datang ke kolam pemandian Air Sanih

Perkembangan pariwisata di objek wisata air sanih tentunya membawa dampak yang baik bagi kehidupan perekonomian krama desa pakraman sanih. Juga berdampak pada kehidupan sosial dan budaya krama desa pakraman Sanih. Adanya perkawinan antara wanita krama desa pakraman Sanih dengan laki-laki mancanegara adalah salah satunya. Pemasukan dari pengelolaan kolam pemandian Air Sanih juga bisa digunakan untuk mengembangkan kebudayaan diantaranya untuk membiayai berbagai macam kegiatan yang berkaitan dengan desa pakraman.

Kata kunci : Kebijakan, desa pakraman, pariwisata

 




 Berita Terkait
Nama
Website
Komentar