Sosialisasi FIA di Kecamatan Seririt
Umum
Jumat, 22 Juli 2016 | Admin | 397 kali

Sosialisasi FIA di Kecamatan Seririt

Pentingnya pemahaman tentang Administrasi publik bagi masyarakat, khususnya para pelakasana layanan masyarakat, baik yang diterapkan dalam layanan publik pemerintah, maupun swasta atau privat. Demikian terungkap dalam sosialisasi visi dan misi Fakultas ilmu Administrasi Universitas Panji Sakti, yang dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan pertemuan atau rapat kerja Forkom Perbekel/Lurah di Kecamatan Seririt. Lebih banyak dijelaskan tetang materi dasar yang akan mendukung pembentukan kompetensi dasar administrasi publik, yang dikembangkan dalam Program Studi Administrasi Publik.

Berbagai mata kuliah pendukung untuk menyiapkan kemampuan mahasiswa untuk memahami dan menguasai administrasi public dan perkantoran modern, seperti disampaikan oleh pemateri Dr. Gede Sandiasa, S.Sos, M.Si dan Drs. Dewa Nyoman Redana, M.Si (staf pengajar FIA UNIPAS SIngaraja). Adapun materi kuliah dasar yang didiskusikan dan diajarkan di FIA adalah Ilmu administrasi mengantarkan mahasiswa para calon/pelayan publik memahami dan mampu menjelaskan konsep, teori, definisi, fungsi dan peran, ruang lingkup, serta lingkungan administrasi Negara/publik, sekaligus membahas berbagai kasus-kasus tematis terkini, antara lain birokrasi publik, pelayanan publik, korupsi-kolusi-nepotisme, reformasi administrasi dll. Materi kuliah kedua kebijakan publik dapat mengantarkan mahasiswa pada pemahaman terhadap teori-teori dasar dan ruang lingkup kebijakan publik, tahapan dan proses perumusan kebijakan yang komprehensif sejak perumusan masalah, perumusan agenda kebijakan, legitimasi, hingga implementasi dan evaluasi terhadap kebijakan yang telah dirumuskan. Manajemen Sumber Daya manusia sebagai mata kuliah berikutnya mengajarkan pada mahasiswa mampu menganalisis manajemen SDM sektor publik dan dan reformasi di bidang kepegawaian negara. 

Pengetahuan tentang Hukum Administrasi Negara mampu mengantarkan mahasiswa untuk memahami dan mampu menjelaskan dasar-dasar hukum administrasi negara yang berlaku di Indonesia. Mata Kuliah Manajemen pelayanan Publik, mengantarkan mahasiswa untuk memahami tugas-tugas pokok pemerintah, pengertian barang-barang publik dan privat, peran pemerintah dalam penyediaan barang-barang publik. Di samping itu mahasiswa dapat menyebut dan menjelaskan perkembangan teori pelayanan publik, kinerja pelayanan publik dan mampu menyusun kriteria pengukuran kinerja pelayanan publik, dengan demikian mahasiswa dapat merespon dan menganalisa perkembangan manajemen pelayanan publik. Materi kuliah Administrasi Pemerintahan Daerah dapat memberikan pemahaman pada Mahasiswa untuk dapat memahami arti konsep dan teori-teori yang berkembang dalam studi administrasi pemerintah daerah diantaranya Konsep dasar reformasi birokrasi dalam mewujudkan good governance.  Materi kuliah penting dalam era perkembangan berbagai teori kemajuan layanan publik dan privat/swasta adalah masalah leadership (kepemimpinan), kuliah ini akan memberikan pengetahuan teori Kepemimpinan dan motivasi teknik-teknik komunikasi, pengambilan keputusan dan pemecahan konflik.Penyesuaian dengan keadan/faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pemimpin serta hal-hal yang mungkin dapat membahayakan/ mengganggu/menyulitkan kepemimpinan seseorang

 




 Berita Terkait
Nama
Website
Komentar